Langsung ke konten utama

Asap Sore

"Asap Sore," foto oleh M. Andianto

Sore kemarin ada tetangga yang bakar-bakar sampah di depan rumah. Asapnya sangat mengganggu. Namun aku lihat asap tersebut juga menarik perhatianku, terutama pada saat asap tersebut bergerak menembus dahan pohon pisang.

Jadi aku ambil kamera dan memfotonya beberapa kali. Lalu aku pilih bentuk asap yang paling pleasing to my eye. Kemudian aku edit dengan software pengolah foto.

Untuk editing sendiri tidak banyak yang aku lakukan. Aku hanya menggunakan curve dan temperature. Untuk curve, aku mengaturnya dengan tujuan memberikan fokus pada bagian di mana asap menembus dahan pohon. Sedangkan pada bagian gelap (yang ada sepedanya), aku berusaha tidak memberikan banyak kontras di sana, karena bagian tersebut kurang menarik bagiku.

Adapun temperature-nya aku atur ke arah warm. Karena pada saat itu cuaca sorenya cukup cerah dan hangat.

Berikut detail lokasi, waktu, kamera, dan software yang aku gunakan:

  • Lokasi: Desa Grogol RT 01 RW 05 Kecamatan Tulangan, Sidoarjo, Jawa Timur.
  • Waktu: Rabu, 16 Februari 2022, sore cerah.
  • Kamera: Motorola Moto C 5 MP.
  • Software: GNU Image Manipulation Program 2.10.24

Komentar