Langsung ke konten utama

Kadal

 Aku gak tau ini kadal disebut apa. Termasuk bunglon kah? Tapi koq kecil?!

Entah kenapa akhir-akhir ini aku sering lihat kadal ini. Gak hanya di dekat rumah, tapi juga di jalanan lain yang ada pohon atau rumputnya. Sebelumnya aku jarang atau bahkan gak tau keberadaan kadal ini. Kayaknya waktu aku kecil juga gak pernah menemui.

Aku tahunya tuh bunglon. Waktu kecil dulu memang pernah tangkap. Tapi seingatku bunglon agak besar. Dan warna default-nya juga ijo.

Lha kadal ini warnanya coklat. Apa karena kamuflase?

Kalau secara perilaku sih mirip bunglon, atau mungkin juga kadal lain kayak klarap gitu. Jadi kalau ketahuan orang, dia diem dulu, gak gerak. Berharap gak di-notice gitu. Tapi kalo kita mendekat, dianya langsung cabut.

Ah entahlah, apapun itu, semoga munculnya kadal ini bukan pertanda buruk buat lingkungan. Karena bisa aja ini kadal hasil mutasi gara-gara polusi udah makin buruk. Lama-lama jadi godzilla kan berabe...

Komentar