Langsung ke konten utama

Belajar Electro Swing Minggu 1

Jadi seminggu ini aku mulai belajar nge-dance (untuk pertama kalinya, aku gak pernah nge-dance sebelumnya). Nama dance-nya Electro Swing.


Kenapa? Gak kenapa-kenapa sih. Cuma kayaknya asyik aja dance-nya. Dilihatnya itu bikin senyum dan bahagia gitu. Nah, bahagia kan sesuatu yang aku butuhkan akhir-akhir ini.

Gimana hasilnya setelah seminggu coba? Parah. Kakiku pada sakit, dan nge-lag macam hardware tahun 90-an.

Kita ngelihat video-video di youtube itu kayak gampang gitu dance Electro Swing. Cuma tinggal gerakin kaki doang kiri kanan depan belakang.

Tapi kenyataannya susah banget. Yang pertama susahnya itu kendala fisik. Karena udah berbulan-bulan ini aku gak olahraga, jadinya kaki pada sakit semua pas nyobain Electro Swing yang notabene butuh footwork banget.

Kendala berikutnya adalah, otak sama kakiku kayak gak nyambung. Jadi kalau aku praktekin pelan-pelan, bisa ngikutin gerakannya. Tapi pas coba pake tempo beneran, kedua kakiku kayak bingung gak ada koordinasi. Tiap mau gerakin kaki, aku harus mikir, gak bisa reflek gerak sendiri. Rasanya tuh kayak kita tahu caranya jalan, tapi kaki pada lupa gimana geraknya.

Nah, setelah kalau gak salah 3 hari latihan pengulangan gerakan yang sama, akhirnya mulai ada reflek. Aku mulai bisa ngikutin gerakannya tanpa mikir.

Sementara ini sih aku masih belajar 3 moves dulu: V-step, T-step, sama Running Man. Ini moves yang paling basic dan gampang. Yang lainnya, jangan coba-coba dulu deh, bisa keseleo nih kaki.

Dan beneran, setelah 3 hari latihan itu, besoknya kakiku jadi kaku. Apa sebutannya, "njarem" atau apa gitu?! Pokoknya ngerasa nyeri di otot betis bagian belakang dekat lutut. Itu membuatku jalan kayak penguin.

Ya mungkin salahku juga kali ya, karena memang gak pernah olahraga, jadinya otot kaki belum terbiasa sama gerakan intense.

Setelah hari keenam baru mulai nyaman dan lancar. Cuma aku baru sadar kalau kebanyakan lagu Electro Swing itu tempo BPM-nya pada cepet. Kakiku gak bisa ngikutin tempo mereka. Makanya di video ini aku pilih lagu yang seenggaknya temponya bisa aku ikutin dengan gerakan agak lambat.

Di video itu juga kelihatan aku masih banyak kurangnya. Misal transisi antar moves, itu aku kurang lancar.

Terus juga kadang kakiku masih ngelag, maunya gerak apa, jadinya kemana (lihat menit 0:45). Ada part juga kaki kiriku terasa kecapekan, sehingga gerakannya minim (lihat menit 1:36). Secara stamina, iya aku harus banyak-banyak cardio deh. Beneran Electro Swing ini menguras keringat.

Komentar