Langsung ke konten utama

Film KKN di Desa Penari

Film KKN di Desa Penari ini bagus sih. Aku suka plot dan karakternya yang reasonable. Meskipun agak kurang dalam hal masih bergantung sama jumpscare, dan kurang memamfaatkan tema KKN, sehingga terkesan kurang unik. Tapi sebagai film horror, aku okay.

Poster film kkn di desa penari

Aku bilang plot dan karakternya cukup reasonable dalam ada hukum sebab akibat dalam perkembangan plot dan karakternya. Bahwasanya apa yang menimpa seorang karakter pada plot tertentu, itu memang disebabkan oleh plot yang terjadi sebelumnya. Sehingga kita audiens akan merasa "oh iya juga ya" saat suatu plot terjadi.

Contohnya, kenapa si cowok bisa terpikat bujuk rayu antagonis, oh karena dia suka sama si temannya. Terus kenapa si cewek juga mau menuruti si antagonis, karena ada imbalan bakal ngedapetin si cowok. Juga kenapa si cewek kerudung gak terpengaruh sama antagonis, oh karena ada yang melindungi. Kenapa dua cowok lain gak diganggu seperti yang lain, karena mereka gak ngapa-ngapain.

Intinya ada hukum sebab akibat kenapa sesuatu terjadi.

Seringnya film horror, untuk menciptakan kesan mencekam, itu mengabaikan hukum sebab akibat. Kayak tiba-tiba si karakter ini mati tercekik, yang satunya jatuh ke jurang, sedang yang lain hidup, ini tanpa alasan tertentu. Pokok dibikin mati aja. Ini gak bagus.

Meskipun memang masih ada kurangnya film ini, yaitu masih ada unsur kegoblokan karakter. Misal udah dibilangin gak boleh ngedeketin hutan, eh mereka tetap aja ke sana. Ini kurang bagus. Tapi ya memang gitu sih film horror, kalau gak ada karakter yang goblok maka kagak muncul hantunya.

Selain itu film ini masih bergantung sama jumpscare. Padahal sebenarnya gak perlu. Misal saat scene motor mogok di hutan, terus mereka diundang di hajatan setan tengah hutan, ini memunculkan efek kengerian tanpa jumpscare. Harapanku sih horror yang kayak scene ini yang dikembangkan.

Terus juga, tema film ini kan tentang KKN ya?! Nah, tema kurang disangkutpautkan sama kejadian horornya. Misal, pas ngerjain proyek, gali tanah buat selokan, mungkin ketemu kuburan lama kek atau apa. Ini gak ada.

Kejadian horror terjadi di film ini bukan karena mereka KKN, tapi lebih karena mereka berkunjung ke desa. Gitu aja. Jadi sayang banget.

Tapi overall bagus banget lah film ini. Lebih bagus dari rata-rata film horror Indonesia.

Komentar