Langsung ke konten utama

Yerin in Stylized Digital Art


Karya ini aku selesaikan dengan menggunakan software Inkscape. Adapun gambar referensi orisinilnya aku ambil dari postingan Instagram-nya Yerin (@every_nn).

Poin utama dari style ini adalah kontras yang tinggi antara bagian yang terkena cahaya dengan bagian gelap. Sehingga menimbulkan perasaan yang kuat, intense, atau dramatis.

Aku gak tau ini namanya "stylized" atau apa. Nama itu muncul di kepalaku, lalu aku cari di Google tentang stylized art itu. Dan ya, aku pikir karyaku ini bisa digolongkan dalam definisi itu.

Menurut study.com, stylized art merupakan bentuk karya seni yang mengambil bentuk alamiah namun mengubah mengubah warna, bentuk, atau garisnya, sehingga karya tersebut mirip dengan objek alamiah namun terlihat lebih abstrak dan dramatis.

Ya bisa dibilang stylized art ini merupakan lawan dari style realistic, namun juga bukan abstrak. Karena kalau abstrak kan terlalu jauh dari realistik.

Kalau definisinya demikian, maka karyaku ini bisa masuk dalam kategori stylized art. Karena aku mengambil bentuk objek alam realistik, namun aku ubah intensitas warna light dan shadow-nya.

Namun demikian, aku merasa kategori stylized art juga terlalu umum. Karena kartun, karikatur, anime, dan sejenisnya kan juga bisa termasuk ke sana. Sebenarnya aku pernah nemu karya yang style-nya serupa denganku. Kalau gak salah, jadi cover majalah digital atau semacamnya. Sayangnya aku lupa untuk menyimpan link-nya, dan susah juga menemukan apa kategori style karya tersebut.

Komentar