Langsung ke konten utama

Monumen Jayandaru

Poin utama foto ini adalah kontras antara bagian monumen yang terkena sinar matahari yang terkena bayangan. Aku ingin meng-capture feeling monumen yang tampak gagah menghadapi teriknya matahari sore. Aku juga mengambil angle foto dari bawah ke atas, untuk menambah nuansa gagah monumen ini.

Hasil pertama jepretan kamera sebenarnya tidak sebegitu sesuai feeling yang aku harapkan. Warnanya hampir flat. Jadi aku edit lagi warnanya dengan software. Aku ubah temperature ke arah lebih warm, sehingga kalian dapati bagian monumen yang terkena cahaya itu tampak keemasan.

Aku juga tambahkan filter blur, sehingga bagian background tampak blur. Dengan begini semakin menambah fokus pada bagian monumen.

Terakhir, aku menambah warna langit menjadi lebih biru, untuk menambah kontras antara warna monumen yang kekuningan, versus background yang kebiruan.

Foto ini diambil 11 Maret 2022 sore hari, lokasi Alun-Alun Sidoarjo, dengan kamera Motorola Moto C 5MP. Untuk proses editingnya menggunakan software GNU Image Manipulation Program 2.10.24.

Komentar