Langsung ke konten utama

Film Gatotkaca

Film ini mengecewakan. Mulai dari kostum, dialog, koreografi, plot, karakter, worldbuilding, CGI, please.. mulai dari mana aku harus mengkritik.

Poster Film Gatotkaca


Aku bahas inti permasalahannya saja, yaitu plotnya gak terarah.

Secara umum, film ini adalah tipikal plot origin superhero movie. Ya kayak spiderman, iron man, captain america, yang gitu-gitu lah.

Nah, apa yang jadi fokus arah plot origin superhero movie? Ya tentu saja karakter superheronya. Mereka fokus pada motivasi, latar belakang, konflik, perkembangan, dan penyelesaian yang dialami oleh si karakter hero. Dalam film yang kita bahas ini, harusnya fokus saja sama perkembangan karakter si Gatotkaca.

Masalahnya adalah, film ini gak fokus kesana. Memang ada arah perkembangan karakternya. Mulai dari latar belakang keluarganya, terus motivasinya buat melindungi si ibu (atau balas ayahnya), terus dapat superpower, terus berubah jadi superhero.

Namun demikian, ceritanya banyak dialihkan ke plot lain yang menurutku gak penting. Misal plot tentang pandawa tidak semuanya baik atau sebaliknya kurawa tidak jahat, terus plot twist keluarga si perempuan dan hubungannya sama keluarga si gatotkaca, yang menurutku itu semua kalau gak ada sekalipun gak ada masalah gitu.

Sebenarnya ada pun gak masalah sih. Misal konflik antar pandawa kurawa itu kan memang jadi tema superpower Gatotkaca sebagai pelindung pandawa kan. Tapi pembahasan mengenai konflik tersebut terlalu menyita screen time sehingga karakter Gatotkacanya sendiri kurang tereksplor.

Contoh aja momen Gatotkaca menemukan dan beradaptasi dengan kekuatan barunya. Bagusnya kan momen tersebut mendapat porsi cerita tersendiri. Misal dia gak langsung bisa mentrigger kekuatannya, sehingga harus menemukan cara atau sumber pengetahuan tertentu. Tapi yang terjadi apa, solusi atas masalah tersebut sudah diselesaikan dengan dua scene. Yang pertam oleh si karakter anak kecil yang gak sengaja memukul pusakanya itu, terus scene latihan di candi. Terus ujug-ujug bisa mengendalikan kekuatan gitu aja. Ini gak menarik bro.

Sisi motivasi juga gak tereksplorasi. Apa coba alasan si karakter layak mendapatkan superpower? Balas dendam, melindungi? Di film dikatakan dia harus melindungi pandawa. Ini pandawa yang mana? Katanya ada banyak orang dengan gen pandawa, pada kemana semua? Apa mereka benar-benar dalam bahaya, sehingga butuh Gatotkaca? Ini gak kerasa banget.

Overall, ini film gak bagus. Tapi aku apresiasi niat produsernya untuk membikin film superhero. Karena langka banget film bertema fantasi di jagat perfilman Indonesia.

Komentar