Langsung ke konten utama

Anehnya Kucing dan Anjing dalam Mencari Nafkah

gambar sketsa kucing dan anjing berpelukan
Ada yang memelihara kucing atau anjing? Kalian merasa aneh gak sih dengan cara dua hewan ini mencari makan?

Secara anatomi tubuh, kedua hewan ini memiliki kuku tajam dan bertaring. Kalau menurut buku biologi jaman saya masih SD, kedua hewan ini tergolong hewan karnivora. Adapun golongan karnivora, cara mencari makan mereka biasanya dengan berburu. Ya contohnya seperti harimau, singa, atau serigala gitu lah.

Nah, bagaimana dengan kucing atau anjing piaraan kalian?

Saya memelihara kucing di rumah. Sebenarnya bukan piaraan juga sih, karena sejatinya kucing-kucing piaraan saya itu asalnya kucing liar. Cuma mereka mampir ke rumah saya, terus saya kasih makan, jadi deh kucing-kucing itu suka nongkrong di rumah saya.

Ketika saya amati, cara mereka mencari makan ini aneh. Ketika mereka sudah menjadi piaraan, atau merasa sudah memiliki majikan, mereka gak lagi mencari makan dengan cara seperti hewan karnivora pada umumnya. Cara mereka sekarang adalah dengan MENGHIBUR ORANG.

Yup, mereka tidak lagi berprofesi sebagai pemburu, tapi sebagai seniman di dunia entertainment. Ketika mereka butuh makan, mereka tinggal mengeong ke majikan, and that's it, majikan akan memberikan mereka makanan. Sedangkan kalau mereka kenyang, mereka tinggal tidur saja atau melayani bermain dengan majikan. Bukankah ini cara yang dilakukan para entertainer dalam mencari nafkah?

Ditambah lagi, kadang ada beberapa kucing saya yang benar-benar melupakan tradisi berburu mereka. Pernah ada satu tikus melintas di dapur rumah. Saya panggil kucing saya. Dia datang. Langsung si tikus lari ketakutan dan bersembunyi tidak karuan. Kucing saya melihatnya. Tapi apa? Dia cuma melihat doang. Berikutnya dia malah mengeong-ngeong minta makan, tidak peduli dengan tikus yang sejatinya adalah buruan dan makanannya.

Saya yakin perilaku yang seperti itu tidak hanya terjadi pada kucing saya, tapi juga kucing-kucing lain, atau bahkan anjing-anjing piaraan juga. Kedua spesies ini benar-benar sudah jauh lebih cerdas ketimbang spesies lain yang masih primitif.

Tapi saya tidak masalah juga sih. Kenyataannya manusia memang butuh hiburan. Apalagi hidup di era modern sekarang ini, kita lebih butuh hiburan untuk jiwa ketimbang hewan untuk berburu makanan. Dan untuk mennyenangkan hati, kucing atau anjing piaraan bisa menjadi solusinya.

Allah memang Maha Pemberi Rahmat, Dia telah mengatur segalanya agar alam semesta ini dapat memenuhi kebutuhan manusia, termasuk hewan piaraan untuk kesehatan jiwa kita.
"Dialah Allah, yang menjadikan segala yang ada di bumi untuk kamu dan Dia berkehendak (menciptakan) langit, lalu dijadikan-Nya tujuh langit. Dan Dia Maha Mengetahui segala sesuatu." Qs. al-Baqarah [2]: 29

Komentar